Puas Makan Ribs di The HolyRibs

Jujur… saya belum pernah makan ribs (iga) yang benar-benar ribs segelondongan gede lengkap dengan tulang-tulangnya.
Saya cuma bisa tau dari cerita orang-orang kalau yang namanya ribs itu enakkkkk pake banggettt..

Sejauh ini yang saya coba baru ribs yang dijual dengan potongan amat kecil atau malah sudah dipotong kecil-kecil dagingnya.

Makanya, begitu tau The HolyRibs buka di Bandung, saya jadi penasaran, kayak apa sih ribs yang besar itu? Beneran enak gak sih?

Berbekal rasa penasaran itu, datanglah saya ke The HolyRibs yang terletak di Jl. Sultan Tirtayasa no.30. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Cultivar Coffee atau Rumah Buah.
image

Dari nama “panjangnya” The HolyRibs by Chef Afit, sudah bisa ditebak kalau yang punyanya Chef Afit. Buat yang belum tau Chef Afit itu siapa, dia adalah pencetus HolyCow Steakhouse by Chef Afit, yang kata orang-orang steaknya itu uennakk banget.

Eh, tapi ternyata, untuk The HolyRibs di Bandung ini yang punya Nirina Zubir dan Ernest Sjarif. Pas dateng ke sana, ketemu mereka.
Mungkin franchise yah… Karena memang The HolyRibs ini asalnya dari Jakarta.

image
Nirina Zubir and Ernest Sjarif

Anyway…lanjuttt…
Begitu masuk, suasana homey langsung terasa di tempat ini. Bukan karena memang bentuk tempatnya rumahan ๐Ÿ™‚ tapi karena memang atmosfir ruangannya benar-benar homey. Dipakai makan sambil ngobrol berjam-jam gak kerasa.
Pelayanannya ramah juga, which is good.

image
Inside look

Pas liat menunya, sudah dapat diduga sebelumnya… Harganya tidak semurah yang dikira. Buat saya… ๐Ÿ™‚
Untuk BBQ Ribs yang paling murah Rp125.000. Hingga ada yang Rp300.000an. Untuk steak harganya di atas Rp100.000 juga. Ini belum termasuk tax and service.

Tapi syukurlah ada juga makanan yang harganya oke kalau dompet lagi cekak. Untuk chicken dan mushroom soupnya bisa dibeli dengan harga Rp20.000. Kurang lebih sama untuk side dishnya. Sementara minumannya masih oke sekitar Rp15.000 – Rp35.000.

Sebagai makanan pembuka, saya mencoba Chicken Soup seharga Rp20.000.
Supnya enak baannnggeettt… Creamy, ada potongan wortel dan ayamnya. Porsinya cukup besar juga. Jadi udah puas banget makannya.

image
Chicken Soup

Abis itu baru nyoba makan ribsnya. Saya nyoba 1 kg Wagyu Back Ribs 4 Bones (for 2 people). Bengong liat pas ribsnya datang. Gede banggettt yaa… Dimakan berdua aja udah pas nih porsinya. Apalagi dapat tambahan mashed potato yang padat nan enak ditambah salad.

image
1 kg Wagyu Back Ribs 4 Bones

Begitu daging ribsnya masuk mulut, ulalaaaa…. ennnnaakkk.. Empuk banget. Metode ribs cooking di sini memang memakai metode slow cooking dimana untuk bikinnya sampai makan waktu sekitar 8 jam. Wajar jadinya empuk dan bumbunya meresap banget.
Worth it dengan harga Rp245.000.

Saya mencoba daging yang dituangin saus BBQ dan yang tidak. Kalau saya pribadi, lebih suka gak dipakein saus apa-apa karena bumbunya sendiri udah meresap dengan sangat baik ke dalam dagingnya. Kalau ditambah saus jadi ada unsur asem-asemnya.

image
Homey atmosphere

Overall, makan di sini puas banget. Kalau mau makan iganya, jangan datang pas jam 3-5 karena mesinnya lagi dioff-in dulu. Kencan, makan bareng temen, makan keluarga, ke sini aja…

Advertisements

Author: Matcharens

Indonesian food blogger.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s