Gulai Sapi di Gultik Blok M Cabang Dago yang Enak Banget

Bosen sama makanan yang itu-itu saja, begitu tau ada gulai sapi di Gultik Blok M cabang Dago, saya langsung pengen tau kayak gimana rasanya.

Kalau selama ini yang saya tau kuah gulai itu warnanya kemerahan dengan daging kambing. Tapi gulai di Gultik Blok M ini warna kuahnya kayak kuah gudeg atau opor ayam. Selain itu dagingnya pakai daging sapi. Wah.. cocok dimakan siapa aja nih.

Dibekali rasa penasaran sama gulai yang satu ini, datanglah saya ke tempat makannya. Gultik Blok M cabang Dago ini terletak di dalam Dago Yui. Buat yang belum tau Dago Yui itu semacam food court. Letaknya ada di Jl. Badak Singa no. 2 (daerah Dago, di belakangnya Taman Dago, Cikapayang persis).

image
Inside look

Suasana food court ini sendiri termasuk comfortable. Sekilas terlihat didominasi anak muda, tapi tak sedikit pula wajah orang tua yang menghiasi tempat duduk di Dago Yui ini.

Balik lagi ke Gultik Blok M, begitu masuk ke Dago Yui, udah keliatan semacam gerobak merah di sisi luar kanan bertuliskan Gultik Rp10.000.

image
Gultik Dago

Ehh.. serius gulai ini harganya Rp10.000 doang???! Yup gak salah… Memang sepiring gulai ini harganya Rp10.000 saja. Wooohoooo… murah meriah 🙂 “Mau 1 porsi!”

Masuk nyari tempat duduk, saya menunggu gulai datang. Sembari menunggu, saya diceritakan bahwa gulai tikungan ini asalnya dari Solo. Makanya gulai ini cenderung agak manis ketimbang asin gurih. Dan porsinya pun mirip nasi kucing, alias bukan porsi besar.

Walaupun aslinya dari Solo, gulai ini kemudian dibawa merantau ke Jakarta dan buka di daerah Blok M. Dan hasilnya laku keras… Gak heran kalau Gultik Blok M ini udah terkenal di Jakarta.

image
Gulai sapi

Gak lama setelah menunggu, gulai tikungan saya datang. Pas datang memang tidak banyak porsinya. Kalau mau ngemil aja, udah pas porsi segini. Kalau lagi lapar, dua porsi cukup. Kalau lagi lapar banggettt, tambah lagi satu porsi jadi tiga porsi 😀

Kuahnya memang bersantan seperti gudeg/ opor ayam. Bedanya ini lebih encer. Nasinya dibanjur kuah dan di atasnya diberi taburan bawang goreng dan kerupuk.

Pas dicoba, ennnnnaaakkk baaannnggeetttt.. Ada rasa-rasa perasan jeruk nipisnya juga, bikin kuah santannya jadi enak gak bikin eneg.
Dagingnya empuk dan taburan bawang goreng beserta kerupuknya bikin makanan ini tambah nikmat.
Asli, Rp10.000 buat sepiring Gulai ini memuaskan banget! 🙂

Makanan enak, check.
Harga terjangkau, check.
Tempat oke, check.
Pelayanan baik, check.

Wahhh check semua nih.. Alias oke banget. Puas. Sekarang ini karena lagi di bulan puasa, Gultik Blok M cabang Dago ini bukanya baru jam 5 sore sampai subuh. Kalau buat nongkrong-nongkrong, enak nih di sini. Puass…

Advertisements

Author: Matcharens

Indonesian food blogger.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s