Babi Asap yang Enak Banget di Babi Panggang 55

Kemarin saya baru mencoba Babi Panggang 55 di Jl. Surya Sumantri, daerah Setrasari Mall blok C/33, sebelahnya Morning Glory cafe.

Babi panggang yang satu ini bikin saya penasaran soalnya ditulisnya Babi Se’i Khas Kupang (NTT). Kayak apa yah babi se’i khas Kupang itu?

Ternyata se’i di sini itu artinya asap. Nah kalau khas Kupang itu bukan berarti sambalnya atau bumbunya yang khusus berbeda apa gimana, tapi ternyata dari cara pembuatannya yang berbeda.
Babi ini ditutup pakai daun dan diasap lama, makanya disebut babi se’i alias babi asap.

Terus ide babi asap ini sebetulnya ada cerita filosofinya. Tapi apa daya saya lupa.. hikkss.. 😦 Kurang lebih seingatku ada yang travelling naik gunung. Terus bawa daging babi. Nah, kalau naik gunung ini kan gak mungkin ada freezer buat naro daging babinya. Supaya dagingnya tetep kuat alias gak basi, ditutuplah pakai daun. Dan cara masaknya diasap.
Kalau saya salah ceritanya, mohon pembaca blog ini mengoreksi ya πŸ™‚

Babi Panggang 55 ini sebenarnya berpusat di Jl. Cibadak no. 110 dan sudah buka dari tahun 2015. Sedangkan di Setrasari ini baru buka mulai Maret. Ada lagi yang akan segera dibuka, yaitu Panggang 55 Express di TKI. Tapi modelnya delivery only.

Makanan yang dijual di sini tentunya segala macam perbabian dengan metode diasap. Mulai dari Campur Komplit yang pakai nasi, bakmi, sampai beli satuan babinya juga bisa. Harganya berkisar antara Rp25.000 – Rp40.000.
Untuk minumannya, bisa pesan teh tawar/manis/air putih.

Yang saya pesan adalah Campur Komplit seharga Rp40.000. Campur Komplit ini isinya se’i asin, se’i rica, se’i ayam, kekian, dan telor. Lengkap dengan nasi putihnya.

Begitu pesanan saya datang, tampilannya sendiri sudah mengundang. Tertata rapi dan daging babinya banyak! Gak sabar dah buat nyoba…

image
Campur Komplit

Suapan pertama… uuuhhh… enakkk banget!! Bener-bener terasa smokeynya..
Se’i asinnya pas gak keasinan. Se’i samcannya top banggett dah.. beneran crispy..
Se’i ayamnya juga enak.. Ayam diasap ternyata enak juga πŸ™‚
Se’i ricanya.. Maann… fave bangggettt!! Asli, enakk.. saya yang gak doyan pedes aja ketagihan sama rasanya. Terasa perasan jeruknya. Seger, pedes. Top!
Kekian yang biasanya saya gak doyan, di Babi Panggang 55 ini jadi doyan. Untuk telornya, karena habis jadi gak ada :}

Kuahnya sendiri juga ada daging babi cincangnya. Top bener dah enaknya.. Walaupun harganya Rp40.000, tapi puas karena kenyang dan enak bangeett!!
Pengen beli lagi jadinya πŸ™‚

Dan menu kedua yang dipesen adalah Bakmi Super pake Metan (mie hitam dari arang bambu). Harga bakminya Rp40.000 ditambah metan jadi Rp42.000.

image
Bakmi Super Metan

Isinya ada se’i asin, se’i rica, se’i samcan, cincang, pangsit goreng, dan baso sapi.
Rasanya sama-sama enaknya. Mienya enak gak asin. Teksturnya pas dan kenyal. Yang lainnya sama kayak pas saya nyobain Campur Komplitnya. Enak dehhh.. πŸ™‚

Buat yang suka pedes, bisa juga nambahin sambal dabu-dabunya.

Rahasia enaknya Babi Panggang 55 ini terletak dari cara pembuatannya. Mereka benar-benar menjaga kualitas dengan hanya menyajikan daging babi yang benar-benar daging. Semuanya diproses dengan baik untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Terbukti karena pas makan, puas bangeettt… dan kenyang. Makan babi asap, memang Babi Panggang 55 tempatnya. Memuaskan πŸ™‚

Babi Panggang 55 ini kalau di Setrasari buka dari jam 11 – 9 malam, sedangkan di Cibadak buka dari jam 7 malam.

Advertisements

Author: Matcharens

Indonesian food blogger.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s