Babi Asap yang Enak Banget di Babi Panggang 55

Kemarin saya baru mencoba Babi Panggang 55 di Jl. Surya Sumantri, daerah Setrasari Mall blok C/33, sebelahnya Morning Glory cafe.

Babi panggang yang satu ini bikin saya penasaran soalnya ditulisnya Babi Se’i Khas Kupang (NTT). Kayak apa yah babi se’i khas Kupang itu?

Ternyata se’i di sini itu artinya asap. Nah kalau khas Kupang itu bukan berarti sambalnya atau bumbunya yang khusus berbeda apa gimana, tapi ternyata dari cara pembuatannya yang berbeda.
Babi ini ditutup pakai daun dan diasap lama, makanya disebut babi se’i alias babi asap.

Terus ide babi asap ini sebetulnya ada cerita filosofinya. Tapi apa daya saya lupa.. hikkss.. 😦 Kurang lebih seingatku ada yang travelling naik gunung. Terus bawa daging babi. Nah, kalau naik gunung ini kan gak mungkin ada freezer buat naro daging babinya. Supaya dagingnya tetep kuat alias gak basi, ditutuplah pakai daun. Dan cara masaknya diasap.
Kalau saya salah ceritanya, mohon pembaca blog ini mengoreksi ya 🙂

Babi Panggang 55 ini sebenarnya berpusat di Jl. Cibadak no. 110 dan sudah buka dari tahun 2015. Sedangkan di Setrasari ini baru buka mulai Maret. Ada lagi yang akan segera dibuka, yaitu Panggang 55 Express di TKI. Tapi modelnya delivery only.

Makanan yang dijual di sini tentunya segala macam perbabian dengan metode diasap. Mulai dari Campur Komplit yang pakai nasi, bakmi, sampai beli satuan babinya juga bisa. Harganya berkisar antara Rp25.000 – Rp40.000.
Untuk minumannya, bisa pesan teh tawar/manis/air putih.

Yang saya pesan adalah Campur Komplit seharga Rp40.000. Campur Komplit ini isinya se’i asin, se’i rica, se’i ayam, kekian, dan telor. Lengkap dengan nasi putihnya.

Begitu pesanan saya datang, tampilannya sendiri sudah mengundang. Tertata rapi dan daging babinya banyak! Gak sabar dah buat nyoba…

image
Campur Komplit

Suapan pertama… uuuhhh… enakkk banget!! Bener-bener terasa smokeynya..
Se’i asinnya pas gak keasinan. Se’i samcannya top banggett dah.. beneran crispy..
Se’i ayamnya juga enak.. Ayam diasap ternyata enak juga 🙂
Se’i ricanya.. Maann… fave bangggettt!! Asli, enakk.. saya yang gak doyan pedes aja ketagihan sama rasanya. Terasa perasan jeruknya. Seger, pedes. Top!
Kekian yang biasanya saya gak doyan, di Babi Panggang 55 ini jadi doyan. Untuk telornya, karena habis jadi gak ada :}

Kuahnya sendiri juga ada daging babi cincangnya. Top bener dah enaknya.. Walaupun harganya Rp40.000, tapi puas karena kenyang dan enak bangeett!!
Pengen beli lagi jadinya 🙂

Dan menu kedua yang dipesen adalah Bakmi Super pake Metan (mie hitam dari arang bambu). Harga bakminya Rp40.000 ditambah metan jadi Rp42.000.

image
Bakmi Super Metan

Isinya ada se’i asin, se’i rica, se’i samcan, cincang, pangsit goreng, dan baso sapi.
Rasanya sama-sama enaknya. Mienya enak gak asin. Teksturnya pas dan kenyal. Yang lainnya sama kayak pas saya nyobain Campur Komplitnya. Enak dehhh.. 🙂

Buat yang suka pedes, bisa juga nambahin sambal dabu-dabunya.

Rahasia enaknya Babi Panggang 55 ini terletak dari cara pembuatannya. Mereka benar-benar menjaga kualitas dengan hanya menyajikan daging babi yang benar-benar daging. Semuanya diproses dengan baik untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Terbukti karena pas makan, puas bangeettt… dan kenyang. Makan babi asap, memang Babi Panggang 55 tempatnya. Memuaskan 🙂

Babi Panggang 55 ini kalau di Setrasari buka dari jam 11 – 9 malam, sedangkan di Cibadak buka dari jam 7 malam.

Advertisements

Gudeg Yu Nap

Kalau lagi kepengen makan gudeg yang rasanya mendekati rasa gudeg di Yogya, Gudeg Yu Nap bisa dijadikan pilihan.
Katanya yang masaknya asli orang Yogyakarta.

image

Berpusat di Jl. Gunung Batu, kini Gudeg Yu Nap buka juga di Jl. Trunojoyo (dekat Rumah Buah). Letaknya nyempil di sebelah toko. Tidak besar, tapi asri. Dengan nuansa kayu dan hiasan katel-katel di tembok bikin nuansa tempat makan ini jadi imut.

Makanan yang dijual ada banyak pilihan. Di sini sistemnya kayak di warteg gitu. Milih-milih sambil nunjuk kaca. Ada ayam bacem, tempe dan tahu bacem, kerecek, ayam dan tahu santan, bala-bala, tempe mendoan, dan sayur singkong.

image
Gudeg

Yang saya pesan nasi dengan ayam bacem, tahu, dan sayur singkong. Harganya Rp18.000. Pengennya nasinya lebih banyak lagi biar kenyang. Tapi pas saya bilang ke ownernya setelah beres makan, ternyata katanya boleh minta tambah nasi lagi. Yah. Tau gitu dari tadi ya…
Tapi gak tau tambah nasi itu bayar lagi atau enggak.

Soal rasa, seperti yang saya bilang di atas, mendekati rasa gudeg yang di Yogyakarta. Di sini sedikit lebih manis. Tapi yang unik ayam bacemnya. Alih-alih manis tok, di sini ada sensasi pedes-pedesnya dikit. Daun singkongnya seger, enak, dan gak pait.

Overall puas. Kalau ditanya apakah saya akan kembali lagi? Tentunya ya, karena rasanya yang enak. Gudeg Yu Nap ini buka dari jam 8 pagi – 6 sore.

Puasnya Makan di Pancious

Beberapa minggu yang lalu saya seneng banget karena berkesempatan buat nyoba menu barunya Pancious. Menu baru Pancious ini bertemakan Chillin’ Summer dalam rangka menyambut musim panas.

Buat yang belum tau Pancious, Pancious ini tempat makan yang terkenal banget di Paris Van Java. Bahkan di Jakartanya sendiri udah ada 11 cabang. Kalau dulu Pancious terkenal sama pancake dan dessertnya, sekarang banyak menu lainnya yang enak yang mesti dicoba juga. 🙂

Ini dia menu baru Pancious yang bisa kamu coba :
– Roasted Carrot Soup (Rp46.500)

image
Roasted Carrot Soup

Sup yang satu ini teksturnya gak encer, tapi gak terlalu kental juga. Warnanya sedikit mengingatkan sama bumbu kari, tapi rasanya gak ada kari-karinya (ya iyalah… namanya juga gak ada karinya :)) Di dalam supnya ada saging dan wortel. Rasanya sesuai namanya “roasted”. Jadi ada sensasi smokey-smokeynya. Enak.

– Green Peas Soup (Rp46.500)

– Truffle Chips (Rp40.500)

– Crispy Chicken Burger (Rp68.000)

image
Crispy Chicken Burger

Burger yang satu ini ukurannya gedeeee.. Pas banget buat yang lagi lapar berat. Rotinya empuk. Terus ayamnya kayak ayam goreng tepung tapi empuk dan ennnaakk.. dicampur mayonaise. Ada pedes-pedesnya juga dari sausnya. Kentangnya ukurannya gede-gede jadi bikin kenyang.

– Pan Seared Duck Breast (Rp162.500)

– Grilled Truffle Chicken (Rp95.000)

image
Grilled Truffle Chicken

Yang gak suka ayam basah-basah, bisa langsung suka kalau pesen menu ini. Sama seperti saya 🙂 Waktu disajikan, tampilan ayamnya basah, walau ada sisi crispy di luarnya. Tapi begitu digigit, uuhhh.. enakkkkkk bannggett… Ayamnya empuk tapi ada crunchynya.. Dan saus blackpeppernya meresap dengan sangat baik ke ayamnya sehingga gak bikin eneg sama teksturnya yang basah. Selain itu, ada smoked beef yang beneran berasa smokey, gak kering tapi rasanya juara! Ditambah baby potato yang banyak dan gurih, bikin menu ini menjadi salah satu menu favorit di Pancious.

– Fresh Fruit and Hot Chocolate Sauce (Rp45.000 / 55.500)

image
Fresh Fruits & Hot Chocolate Sauce

Nahh.. ini dia menu favorit saya di Pancious. Memang tidak dapat dipungkiri. Pancake di Pancious ini memamg audah juara enaknya. Pancakenya besar dan lembut. Ada rasa sedikit manis, cukup. Sempurna. Kemudian untuk menambah rasa tinggal dituang saus coklatnya.. Sausnya cukup kental, pas manisnya. Ditambah es krim vanilla, buah-buahan yang segar, dan whipped cream, bikin pancake ini luar biasa enaknya! Apalagi nih.. whipped cream di sini dibuat sendiri lho… Alias gak pake beli kemasan itu.. Jadi rasanya beda. Gak terlalu manis, cukup kental, ueennakk.. Saking enaknya.. pas udah abis langsung pengen mesen satu lagi. 🙂 Benar-benar puas.

– Honeycomb and Hot Salted Caramel Sauce (Rp42.500 / 52.500)

– Classic Virgin Mojito (Rp42.500)

image
Classic Virgin Mojito

Soal minuman, gak kalah enak sama makanannya. Mojito ini asli seger banget. Soda dicampur lemon bikin mata langsung melek. Badan berasa terecharge instan deh. Segerrr baannggett… Suka. 🙂

– Pina Colada Shake (Rp42.500)

– Frozen Green Forest (Rp39.500)

– Marshmallow Cake Shake (Rp43.500)

Nah, gimana? Udah pada laper belum ngeliat review dan foto di atas? Yuk ke Pancious. Tempatnya nyaman dan makanan-minumannya enak-enak. Bikin puas…